Thursday, September 15, 2011

cikurai dan situs ciburuy

ini udah lama bget, mungkin sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu, waktu itu saya, dewi (buluk), alvi(mboo) sama icha (si ongop) lgi pengen-pengennya naik ke semeru. latihan fisik lah secara teratur. udah latihan fisik cape-cape ternyata gak jadi kurang orang dan kurang dana. sedih dong kita. akhirnya senior saya "manto" mengusulkan untuk naik gunung cikurai yang ada di kampungnya, garut.
naik lah saya bersama 3 orang teman saya manto, rhea, achenk, bejat, bembeng, badong, oki sama pendamping kami bapak yakin (maaf kalo ada nama yang ga kesebut).

berangkat dari terminal lebak bulus, lupa harga berapa kalo ga salah Rp. 45000. sampe sana nyarter mobil bak. itu jalanannya nanjakkk banget. sampailah hari itu di rmah manto, kami istirahat dulu di situ, bru besok paginya jalan.

besok pagii..
kami bersiap melakukan perjalanan, denger-denger gunung ini banyak mistisnya. sempet takut jga sih. dah gtu di sarannin untuk kita ke situs ciburuy dulu baru naik gunung. eh emang dasar bandel atau gmana kita malah naik dulu. kata orang-orang setempat sh perjalanan cman 4 jam.
gunung ini bener-bener deh, gak ada air. pasir semua, jalanannya lebih terjal. batu-batu segede-gede perut segede-gede dengkul track yang sulit.

tapi ni gunung emang menyajikan pemandangan yang luar biasa bagus, di depan gunung ini terbentang gunung papandayan. naik-naik udah sampe sore menjelang malam kok ga sampe-sampe jga. katanya cuman 4 jam kalo 2 kali lipat jadi 8 jam. tpi ini kami udah melebihi itu. tibalah malam hari, jalan menggunakan head lamp. tba-tiba kami sangat lelah karna sampe jam setengah 9 blum mendapatkan tempat untuk nge camp. kak rhea dan kak bembeng akhirnya menyuruh kami beristirahat dan sebagian mencari tempat buat ngecamp. lama diam di tempat dingin makin berasa, angin nya pun sangat kencang. eh si icha menggigil, akhirnya kami ber 4 berpelukan kaya telletubies. tempat camp sudah di dapat kamipun menyusul kesana. ternyata memang bener-bener gunung ini tdak menyediakan lahan yang cukup datar untuk tenda kami. kami pun ngecamp dengan keadaan tenda yang miring. serta satu tenda di isi rame2. sampe kaki sakit ketiban sana-sini. bener-bener ga ada persiapan untuk hal kaya gini.

besoknya..
kami melakukan perjalanan lgi, ini bener-bener gunung bikin patah semangat, berjam-jam berjalan puncak gak keliatan juga. sampe air bener-bener ga tersisa, sampe tinggal tes-tesannya yang kami minum. sebagian pun sudah ada yang di depan. akhirnya sampai pada tingkat keputus asaan sebagian dari kami yang di belakang udah ga mau muncak lagi, akhirnya kami beristirahat ckup lama ketika membalikan badan. "gunung ini bener-bener" dalam hati saya berkata begitu. karna belum sampai puncak aja udah seperti ini.

ahh 4jam dari man bahkan udah mau sore lagi, akhirnya kami hampir benar2 tidak mau naik, lama2 saya berfikir. jauh-jauh ke garut masa ga sampai puncak, saya mengajak buluk untuk tetap memuncak. akhirnya buluk ikut dengan saya, ternyata diblakang alvi dan icha mengikuti. hmm spertinya udah mau sampai udah keliatan. kami sudah teriak2 aja kalo mau sampe, ternyata jalurnya berbelok. kami kra sudah sampai pnck. ternyata blum jag, waahh kami ketipu.
tapi akhirnya kami sampai jga. subahanallah pncaknya sangat indah, awan terlihat seperti kasur, dan teman saya alvi meneteskan air mata.

stelah itu kami turun, saya fikir akan cepat kalau turun ternyata salah. hingga hari menjadi gelap kami pun mash di perjalannan. tba2 headlamp saya pun ga bsa di gunakan. kami pun terpisah menjadi dua ada yg di depan dan ada yang di blakang termask saya. dengan skitar 6 orang dan headlamp yang ada cman 3 maka perjalanan semaking terasa lama. gila mana kami pake nyasar. di puter-puter tracknya. akhirnya sampai pula di bawah. dengan merasakan paha yang begitu sakit hiks..

esoknya, kami berkunjung ke situ ciburuy. ketemu kuncenya dulu. katanya ga semua orang boleh mask.tpi kami semua bisa masuk, si kuncen menceritakan tentang situs ini (saya lupa karna udah lma bgt)
 hmmm ini lah sedikit banyaknya tentang cikuray. karna ini udah lama. jdi ga bsa cerita secara mendetaill harap maklum.